Halaman

Senin, 03 Desember 2012

Kanker Retinoblastoma dan Perjuangan Jason


Sekilas tidak ada kelainan yang terlihat pada Jason, bocah berumur 7 tahun. Tetapi, bila dilihat lebih jelas, ada yang lain pada matanya, yaa.. mata sebelah kirinya tidak bergerak, rupanya Ia menggunakan mata protesa (mata palsu). Mengetahui hal tersebut, pasti timbul pertanyaaan apa penyebabnya hingga anak sekecil itu menggunakan mata palsu?  Dan  penyebabnya adalah Retinoblastoma.

Retinoblastoma adalah kanker pada retina (daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya) yang menyerang anak berumur kurang dari 5 tahun.

Jason terdiagnosa menderita Retinoblastoma saat usia 2.5 tahun. Orang tuanya baru mengetahui saat Jason sakit panas dan memeriksakannya ke dokter, selain memeriksa kondisi tubuh Jason yang sedang panas, dokter mencurigai terdapat kelainan pada mata sebelah kiri bocah ini, mata kirinya tampak seperti mata kucing. Untuk memastikan kecurigaan dokter tersebut, orang tua Jason membawanya ke Rumah Sakit yang khusus menangani mata dan Jason pun menjalani sejumlah pemeriksaan termasuk  CT Scan kepala dan USG mata, hasil pemeriksaan menunjukkan Jason positif menderita Retinoblastoma.

Kemoterapi dilakukan 3 minggu sekali  selama 12 tahap dan 1 bulan sekali untuk tahap ke 13 sampai 16.  Selesai menjalani serangkain Kemoterapi,  Jason tetap harus melakukan kontrol 1 bulan sekali selama setahun. Setelah itu 3 bulan sekali sampai umur 6 tahun, dan 6 bulan sekali setelah melewati usia 6 tahun. Sampai dengan saat ini, Orang tua Jason sangat memperhatikan asupan makanannya, semua yang mengandung pewarna, pengawet, MSG di hindari. Perjuangan Jason dapat dikatakan luar biasa karena anak yang berumur 7 tahun ini dapat terus melanjutkan sekolahnya tanpa mengeluh suatu apapun, dia terlihat tetap aktif dan sangat mengerti kemampuan dirinya, Jason terus ingin melanjutkan sekolahnya hingga sampai ke jenjang akhir, keinginan Jason untuk sembuh harus kita perhatikan dan dukung terus, mari kita bersama berusaha membantu Jason.



sumber:http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/02/04/jason-bocah-yang-bertahan-hidup-dari-retinoblastoma/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar