Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Chemo-bath, metode kemoterapi baru tanpa efek samping?


Untuk pertama kalinya, ilmuwan Inggris mencoba melakukan 'chemo-bath', sebuah teknik kemoterapi yang hanya diarahkan pada satu organ saja. Obat kemoterapi digunakan untuk membunuh sel kanker. Namun dalam kenyataannya obat ini juga bisa merusak organ tubuh yang lain.

Dokter di Southampton General Hospital percaya bahwa memberikan obat kemoterapi pada satu organ saja bisa mencegah efek samping. Mereka juga percaya bisa meningkatkan dosis obat tanpa berakibat buruk pada pasien. Normalnya, obat kanker akan disuntikkan melalui nadi pasien. Dengan cara ini tak hanya tumor, tetapi semua organ tubuh akan terpengaruh, sehingga akhirnya kemoterapi menyebabkan efek samping seperti tubuh yang lemah, rasa sakit, kerontokan rambut, dan penurunan kesuburan.

Saat ini dua pasien di Inggris telah menjalani kemoterapi yang hanya diberikan pada organ lever mereka. Keduanya memiliki kanker mata yang langka dan telah menyebar ke lever. Teknik ini dilakukan dengan melakukan operasi yang menggelembungkan balon dalam pembuluh darah pada masing-masing bagian lever untuk mencegah obat menyebar ke organ lainnya.

Kemudian lever akan diisi penuh dengan obat kemoterapi yang disaring keluar sebelum lever terhubung dengan pembuluh darah utama. Itu berarti hanya sedikit sekali obat kemoterapi yang menyebar ke tubuh. "Untuk memotong hubungan organ dari tubuh selama 60 menit, rendam organ dalam cairan obat kemoterapi dosis tinggi, kemudian menyaringnya sebelum akhirnya kembali terhubung dengan organ lain," ungkap Dr Brian Stedman, seperti dilansir oleh BBC (12/11).

Operasi dilakukan tiga bulan terakhir dan kedua pasien diketahui mengalami peningkatan dalam perawatan tumor mereka. Stedman menyatakan bahwa setiap organ bisa dengan mudah dipisahkan dari suplai darah seperti ginjal, pankreas, dan paru-paru pasti bisa menerapkan teknik ini. Meski begitu, menurutnya metode ini masih dalam masa pengujian dan pengembangan. Dia yakin hasil akhir metode ini akan berbeda dan masih bisa lebih baik lagi.

Sumber:http://www.merdeka.com/sehat/chemo-bath-metode-kemoterapi-baru-tanpa-efek-samping.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar